Selasa, 05 Juni 2012

Pertemanan


Shalom! Gimana, kalian udah jadi pelaku firman Tuhan sejati belum nih sejauh ini? Minimal pelaku firman yang udah dibagiin di blog ini deh, udah belum? Hehehe :D keep on fire in HIM guys! okay, seperti biasa, kami akan mengulas kembali mengenai Firman Tuhan yang dibagikan oleh Pdt. Budiarto L. s.kom pada ibadah KKR Kaum Muda BOANERGES di CINERE, Sabtu 2 Juni 2012. sekarang, siapkan hatimu untuk mendengar apa kata Tuhan yaaa :D

Temanya adalah mengenai : PERTEMANAN, a.k.a CONNECTION :)
Mari sebelumnya, kita sama-sama buka dulu di Alkitab -> Markus 2:1-12, beginilah Firman Tuhan :  (1) Kemudian, sesudah lewat beberapa hari, waktu Yesus datang lagi ke Kapernaum, tersiarlah kabar, bahwa Ia ada di rumah.
(2) Maka datanglah orang-orang berkerumun sehingga tidak ada lagi tempat, bahkan di muka pintupun tidak. Sementara Ia memberitakan firman kepada mereka,
(3) ada orang-orang datang membawa kepada-Nya seorang lumpuh, digotong oleh empat orang.
(4) Tetapi mereka tidak dapat membawanya kepada-Nya karena orang banyak itu, lalu mereka membuka atap yang di atas-Nya; sesudah terbuka mereka menurunkan tilam, tempat orang lumpuh itu terbaring.
(5) Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!"
(6) Tetapi di situ ada juga duduk beberapa ahli Taurat, mereka berpikir dalam hatinya:
(7) Mengapa orang ini berkata begitu? Ia menghujat Allah. Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?
(8) Tetapi Yesus segera mengetahui dalam hati-Nya, bahwa mereka berpikir demikian, lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu berpikir begitu dalam hatimu?
(9) Manakah lebih mudah, mengatakan kepada orang lumpuh ini: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalan?
(10) Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" --berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu--:
(11) Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!
(12) Dan orang itupun bangun, segera mengangkat tempat tidurnya dan pergi ke luar di hadapan orang-orang itu, sehingga mereka semua takjub lalu memuliakan Allah, katanya: "Yang begini belum pernah kita lihat."

Markus 2:1-12 , kita mungkin sering banget denger ayat ini dah tentunya ayat ini berbicara tentang mukjizat. Namun, bukan hal itu yang akan kita bahas dan tekankan kali ini. Yuk kita liat dari sudut pandang Bapa disisi yang berbeda :D

Ternyata ada kejadian sebelumnya loh mengenai orang lumpuh itu sebelum ia mampu menerima mukjizat dari Tuhan Yesus langsung. Ini berbicara mengenai pertemanan.

Dalam Markus 2:1-11 terlihat kondisi dimana Yesus berdiri di dalam rumah dan mengajar, dengan orang-orang yang mengerumuninya dalam jumlah yang sangat banyak, hingga penuh sesak. Orang-orang berdiri dan tidak tersedia tempat untuk mereka duduk. Lalu ada seorang yang lumpuh tidak dapat berjalan, dibawa oleh 4 orang. 4 orang ini susah payah demi seorang yang lumpuh itu. Mereka ingin membawa si lumpuh kepada Yesus. Mereka mencari-cari cara agar dapat bertemu dengan Yesus.

Pada akhirnya, si orang lumpuh ini jadi orang pertama yang menerima mukjizat, diantara sekian banyak orang yang berkumpul. Terlihat jelas bukan, mereka yang memiliki kaki dan dapat berjalan sendiri tanpa bantuan orang lain ternyata belum tentu terima mukjizat dari Tuhan Yesus. Sedangkan si orang lumpuh yang jelas-jelas sangat tidak mungkin untuk berjalan, bangkitpun tidak, namun ia mampu menjadi orang pertama yang menerima mukjizat pada saat itu. Mengapa demikian??

Jawabannya adalah : karena orang lumpuh ini punya pertemanan yang sangat baik. Terlihat pada 4 orang yang tentunya adalah temannya ini, rela berkorban tenaga dan waktu untuk membawa si lumpuh pada Yesus.

Nah, mari kita tarik benang merahnya -> bahwa ternyata ada teman-teman yang bisa membawa kita pada kuasa mukjizat Tuhan :D

"Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik." ( 1 Korintus 15:33)

See? Ada dua jenis pertemanan, guys ternyata …

             >> Buruk ->   membuat kita semakin jauh dengan Tuhan Yesus :
                                 hanya membawa KEKECEWAAN, PENYESALAN,                    
                                                KEPUTUSASAAN, dan SAKIT HATI pada akhirnya.
teman >>>                       
                                                                         
                      >>  Baik ->     membuat kita semakin dekat dengan Tuhan Yesus :
                                            Membawa kita pada KUASA MUKJIZAT TUHAN
                                                                 YESUS yang luar biasa


Kalau waktu kita disibukkan dengan beragam aktifitas bersama dengan orang-orang yang punya kebiasaan baik, maka tidak ada waktu lagi yang tersisa untuk kita dapat bergaul dengan orang-orang yang “sia-sia”.

Investasikan waktu untuk bergaul dengan orang-orang “benar” dimata Tuhan Yesus. Tidak perlu lagi membuang waktu untuk hal yang sia-sia. Coba bandingkan, meskipun sama-sama sedang “hangout” namun orang yang hangout dengan “orang-orang benar” pasti topik pembicaraannya, gaya bicaranya, tempat tujuan hangoutnya, itu bukan hal yang bisa mendukakan Tuhan. Beda bukan dengan yang sembarang hangout dengan orang-orang “biasa”, dari bahan obrolannya, gaya bicaranya, dan tempat tujuan hangoutnya pun beda… ini orang “biasa” loh, gimana kalo orang yang jelas-jelas hidupnya memancarkan sebuah “kesia-siaan” ??

Bukan berate menutup pergaulan sama sekali untuk teman-teman kita yang “gelap” loh guys, bukan begitu ya.. Yesus saja datang untuk orang berdosa, masa kita berlagak sok suci dengan menutup pergaulan atau menajiskan orang lain :D ini maksudnya adalah sebagai WARNING agar kita berhati-hati… jangan sampai “domba” Tuhan terperosok dalam pergaulan kelam yang menyesatkan.

Hal itu menunjukkan bahwa betapa pentingnya pertemanan atau konnektivitas. Konektivitas, dari kata connection… ini berbicara mengenai SAMBUNGAN. Apakah kaliah sudah TERKONEKSI dengan BENAR ?

Konektivitas yang benar akan membawa kalian untuk mengetahui TUJUAN HIDUP kalian sesungguhnya.

Sebuah ilustrasi : 

  1. sebuah mikrofon yang TERKONEKSI dengan BENAR pada kabelnya, maka tujuannya akan tercapai. Tujuannya adalah membuat suara yang bahkan “pelan” mampu sampai ketelinga audience.
  2. sebuah mikrofon yang TERKONEKSI dengan SALAH pada kabel yang bukan untuk speaker, melainkan kabel lainnya, apakah tujuan akan tercapai? TIDAK.
  3. sebuah mikrofon yang TERKONEKSI dengan SALAH pada mikrofon lainnya, apakah mampu mencapai tujuannya?? TIDAK.
  4. sebuah kabel dengan kabel yang TERKONEKSI dengan SALAH, karena kabel dan kabel tidak akan membuat suara pelan menjadi terdengar, apakah ini dinamakan mencapai tujuan? TIDAK.

Kalian sudah paham sejauh ini? Ya, koneksi yang benar, sangat berpengaruh untuk mencapai Tujuan. Saat kalian bergaul dengan teman dengan gaya hidup glamour, hanya memikirkan kesenangan dunia, apakah kalian mampu mengetahui apa TUJUAN UTAMA Tuhan Yesus menciptakan kalian? Jangankan mengetahui Tujuan Hidup, kalian bahkan belum tentu MENGENAL siapa itu Yesus. Sebuah jaminan bahwa, jika kalian yang sudah hidup benar dimata Tuhan akan mengalami pencobaan dasyat mengenai hubungan kalian dengan Yesus pada saat kalian mulai pergaulan yang salah… kembali kami ulang ayat berikut : "Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik." ( 1 Korintus 15:33)

Dan kami percaya, apabila kalian sedang membaca blog ini, kalian merenungkannya, “Kalian sedang TERKONEKSI dengan BENAR bersama kami, BOANERGES”

Kita harus tahu dengan siapa kita terkoneksi, karena kita saat ini sudah mengetahui mengenai kebenaran Firman Tuhan yang mengajar tentang koneksi yang benar atau pertemanan yang benar.

Balik lagi ke Markus 2:1-12, orang lumpuh itu memiliki sebuah KETERBATASAN yang membuatnya sulit untuk datang kepada Yesus. Namun ia memiliki TEMAN-TEMAN (4 orang tadi) yang mampu membawanya datang kepada Yesus.

Dapat kalian renungkan bahwa, keterbatasan fisik ngga bisa menjauhkan kita dari Yesus saat kita mempunyai koneksi yang benar. Tuhan Yesus bisa pakai orang lain untuk hidup mensupport dan mengatasi keterbatasan hidup kalian.

Nah sekarang, the problem is… bagaimanakah caranya bertemu dengan orang-orang benar dan menjalin suatu pertemanan dengan mereka?? Bagaimana caranya punya teman-teman yang dekat dengan Tuhan Yesus??

Ada 2 HUKUM, yang pertama adalah Hukum Tarik-Menarik (The Law of Attraction) dan yang kedua yaitu Hukum Tabur-Tuai.

Mari kita buka Alkitab kita, Amsal 13:20 : Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

Hukum 1 : The Law of Attraction, manusia memiliki kecenderungan akan dekat dengan seseorang yang tidak berbeda jauh dengan manusia itu sendiri. Apa artinya ini? Arinya > mulailah dari diri sendiri. Jika kalian ingin terkoneksi dengan orang-orang yang sudah hidup baru dalam Kristus, maka mulailah dengan diri kalian sendiri. Apakah kalian sudah hidup baru dalam Kristus? Apakah kalian sudah hidup dalam pertobatan? Nahlo :D

Hukum 2 : Hukum Tabur-Tuai, mari kita buka Alkitab lagi di Galatia 6:7 “Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.” Percayalah, saat ini pun kalian sedang menabur, setiap detik hidup kita merupakan aktivitas menabur. Apakah kalian menabur kata-kata kotor disetiap kali ada kesempatan? Apakah kalian menabur kebohongan sedikit demi sedikit? Apakah kalian sedang menabur kemalasan? Apakah kalian sedang menabur penundaan berbuat baik? Apa saja yang kalian tabor, itu jugalah yang akan kalian tuai. Ilustrasinya, apabila kalian menabur biji jeruk, mungkinkan yang tumbuh adalah pohon apel? Tidak :D jika sesekali kalian merasakan hukum ini tidak sepenuhnya berlaku, itu salah. Karena itu adalah suatu KEMURAHAN HATI dari Tuhan Yesus. Dia Tuhan yang murah hati, guys…

Sekali misalnya kalian mengikuti ujian tanpa belajar namun menuai hasil ujian lulus pas di angka rata-rata atau bahkan diatas rata-rata, itu adalah kemurahan Tuhan :D coba deh kalian renungkan : kalian ngga belajar dan ngga melakukan persiapan lagi, terus ikut ujian berkali-kali… hehehehe berani tebak apakah nilai kalian 9? 8? 7? 6? Hmm diragukan :D

Konsep tabur-tuai ini juga punya andil dalam pertemanan kita. Apa yang kita lakukan terhadap orang lain, itu juga yang akan kita terima dari orang lain.. berhati-hatilah dalam segala tutur katamu, tingkah laku, dan juga pola pikirmu. Hati-hati karena kalian sedang menabur dan suatu saat akan menuai :)

Sekian Firman Tuhannya, Ingat, datang ke ibadah KKR Kaum muda BOANERGES Cinere setiap sabtu jam 5 sore di KAPEL TIBERIAS CINERE, we always waiting for you! see you...
Oya! Follow twitter kami : @boanerges
nantikan postingan selanjutnyaaa guys! Jesus Bless you, all :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar