Kamis, 21 Juni 2012

Ketika Berdoa; Serahkan Segala Kekuatiran Kita pada Tuhan


Shalom! Apa kabar teman-teman?? Penasaran ya sama kelanjutan tips saat berdoa? Ngga pake basa-basi lagi, yuk kita langsung bahas! :)
 
Mari kita buka dalam injil Matius, Matius 6:11 “Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya”

Nah, ternyata, tips keempat saat berdoa adalah : ketika berdoa >> serahkanlah segala kekuatiran kita pada Tuhan.

Guys,  Saat kita memberikan kasih dan hidup kita pada Tuhan, Yesus mengajarkan pada untuk menyerahkan segala kekuatiran dengan meminta pada Tuhan untuk menyediakan segala kebutuhan kita dan kemudian percayalah bahwa Tuhan akan menyediakannya.

Misalnya, kita dapat meminta pada Tuhan untuk memberikan kita makanan yang kita butuhkan setiap hari. Beberapa orang menerjemahkan sebagai berikut, “Berikan kami makanan sehari-hari.”

Apakah “makanan sehari-hari” itu? Itu adalah kebutuhan dasar dari hidup jasmani yang selalu kita kuatirkan. Tuhan ingin kita untuk meminta pada-Nya untuk menyediakan kebutuhan kita, sehingga kita tidak perlu kuatir lagi tentang semuanya itu.

Tuhan berjanji untuk menyediakan segala kebutuhan kita: “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus” (Filipi 4 : 19) >> firman Tuhan ini pernah dibawakan oleh Pdt. Vernando Sinaga pada ibadah minggu di Tiberias Cinere :D

Apa yang kalian butuhkan hari ini?
Kekuatan untuk melewati hari ini?
Kebutuhan Finansial?
Hikmat?

kalian memiliki dua pilihan: panik atau berdoa.

Filipi 4:6 berkata: “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.”

Apa kalian benar-benar mempercayai hal tersebut? Tuhan berkata bahwa kita dapat berdoa tentang segala sesuatu. Tidak ada hal yang terlalu besar melebihi kekuasaan Allah. Tidak ada hal yang terlalu sepele diluar perhatiannya pada kita. Segala sesuatu yang kalian kuatirkan dapat kalian bawa dalam doa. Serahkanlah pada Tuhan segala kekuatiran kita.

Saat kalian menyerahkan pada Tuhan tentang segala kekuatiran, kalian harus bercerita detailnya dengan spesifik. Saat kalian berdoa, apa yang kalian lakukan saat Tuhan menjawab “tidak”? Apakah itu berkat?

Terkadang berkat datang dari masalah yang kita hadapi loh!! :D

kita sebaiknya berhati-hati saat kita berdoa “Tuhan, berkatilah kami”.
Perhatikan bunyi ayat di Filipi tadi, “..dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur”. Ketika kalian berdoa, berdoalah dengan lebih spesifik dan bersyukurlah. 

Ngga ngelarang kok untuk berdoa minta berkat, namun tujuan utama berdoa itu apa sih sebenarnya? Kalian tentu tahu bukan, berdoa adalah menjalin komunikasi dengan Bapa? :D kebenaran ini tentu sudah ditanamkan sejak kita masih berada di sekolah minggu, dan kita diajarkan bagaimana cara mengucapkan terima kasih pada Tuhan. Itulah makna berdoa. To say thank you, God. Doa bukan hanya untuk “meminta-minta” tapi untuk “bersyukur” :D

Psikolog berkata, ucapan syukur adalah emosi yang paling baik yang kita miliki. Semakin kita mengucap syukur untuk kehadiran Tuhan, keluarga kita, dan orang lain, maka semakin sehat juga emosi kita.

kita menyembah Tuhan dalam doa ketika kita memberikan cinta kita, hidup kita dan kekuatiran kita. so guys, don’t forget to say : Terima Kasih Tuhan Yesus atas segala sesuatunya :D 

teman-teman, sekian tips keempatnya. Tips selanjutnya masih ada loh! Nantikan postingan berikutnya ya! Dan ditunggu kehadirannya di Kapel Tiberias Cinere tiap sabtu jam 5 sore - KKR ibadah kaum muda BOANERGES dan tiap minggu untuk ibadah raya bersama kami :D don’t miss it! JESUS PRESENT! You’ll be blessed! Tuhan Yesus memberkati semua :D

(thank’s to : Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar