Sabtu, 23 Juni 2012

Ketika Berdoa; Mulailah dengan Pujian


Shalom kawan-kawan! gimana nih, kalian sudah terapkan belum 5 tips dalam berdoa yang sudah kami share kemarin? :D sekarang saatnya kami ingin membagikan 1 lagi tips dalam berdoa. Yaitu, ketika kalian berdoa, mulailah dengan pujian.

Kenapa? Yuk kita buka dulu Alkitab kita :D
Matius 6:9 “Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,”

Ketika orang-orang bertanya kepada Yesus bagaimana berdoa, Dia memberi mereka sebuah contoh doa. Hari ini kita menyebutnya Doa Bapa Kami, dan ini memberi kita garis besar untuk membuat kontak dengan Tuhan. Hal pertama yang Yesus ajarkan pada kita untuk membuat kontak dengan Tuhan dijelaskan oleh kata-kata: “Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu” (Matius 6:9) Yesus berbicara tentang pujian. kita mulai membuat kontak dengan Tuhan dengan memuji Dia, dengan menyembah Dia.

Apa itu pujian? Pujian adalah berterima kasih pada Tuhan untuk siapa diri-Nya dan identitas-Nya. Ini berarti menyanjung Dia, menghargai Dia. Ini berarti memberikan pujian kepada-Nya: “Tuhan, Engkau baik! Tidak ada yang seperti Engkau!”
Mengapa kita harus memuji Tuhan? Karena ini akan mengalihkan fokus kita dari diri sendiri kepada Tuhan, agar kita bisa bicara kepada-Nya. Itulah sebabnya kita mulai dengan pujian.

Jika kalian ingin bantuan dalam belajar bagaimana untuk memuji Tuhan, bacalah kitab Mazmur. Banyak dari ayat-ayat di dalamnya ditulis hanya untuk memuji Tuhan.

Jika kalian membaca dengan suara keras, kalian akan belajar banyak tentang memuji Tuhan dalam doa.

Perhatikan Yesus berbicara tentang nama Allah yang kudus. Apakah kalian tahu Tuhan memiliki banyak nama? Dalam Perjanjian Lama ada banyak nama yang berbeda untuk menyebut Allah. Dalam Alkitab, nama adalah petunjuk untuk karakter seseorang. Alkitab mengungkapkan karakter Allah melalui nama-nama yang digunakan bagi-Nya. Melalui nama-nama ini, kita belajar bahwa:

- Allah hadir dengan kita.
- Tuhan adalah Gembala kita.
- Allah adalah Penyedia kita.
- Allah adalah Penyembuh kita.
- Tuhan adalah Perdamaian kita.
- Allah adalah kemenangan kita dalam konflik.

Berdoa dengan menyebut nama Allah mengingatkan kita tentang siapa Dia dan apa yang telah Dia lakukan untuk kita, dan ini akan membangkitkan kasih dalam hati kita bagi-Nya. kita mulai dapat menyembah Tuhan dan berdoa dengan memberikan kasih.
So, hal selanjutnya yang dapat kita lakukan saat datang kepada Tuhan adalah membawa pujian bagi Dia :D

Lengkap sudah 6 tips dari kami saat berdoa :D kita sebutkan lagi ya :
1.     ketika berdoa, serahkan ketakutan kita.
2.     ketika berdoa, serahkan luka hati kita.
3.     ketika berdoa, serahkan dosa kita pada Tuhan.
4.     ketika berdoa, serahkan segala kekuatiran kita pada Tuhan.
5.     ketika berdoa, serahkan hidup kita pada Allah.
6.     ketika berdoa, mulailah dengan pujian.

Keenam tips jitu ini dijamin kok akan membawa kalian lebih dekat lagi pada Bapa :D guys, jangan lupa ya ditunggu kehadirannya di Kapel Tiberias Cinere pada KKR ibadah kaum muda BOANERGES tiap sabtu jam 5 sore! Tuhan Yesus hadir loh! Kalian jangan sungkan-sungkan untuk bergabung dan datang ya! Kami senang dapat diberi kesempatan Tuhan untuk melayani kalian :) we are family in God, right? :D Tuhan Yesus memberkati!

Nantikan postingan berikutnya ya! See you :D

 (thank’s to : Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar