Minggu, 13 Mei 2012

Hidup Sepenuhnya di Dalam Kristus


Shallom! How was your day guys? Isn’t great? Absolutely great! okay, kami akan mengulas kembali mengenai Firman Tuhan yang dibagikan oleh Pdt. DR. Johny Wardi, M.A, M.Th pada ibadah KKR Kaum Muda BOANERGES di CINERE, Sabtu 12 Mei 2012. now, prepare your heart, and get ready to heard God voice’s :D

Kolose 2 : 6-15 >>  KEPENUHAN HIDUP DALAM KRISTUS <<
6 Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. 7 Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur. 8 Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus. 9 Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan, 10 dan kamu telah dipenuhi di dalam Dia. Dialah kepala semua pemerintah dan penguasa. 11 Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa, 12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati. 13 Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita, 14 dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib: 15 Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka.”

Hallelluya! Begitulah yang disampaikan oleh Rasul Paulus pada jemaat di Kolose. Paulus merupakan Rasul yang hebat, tentu kalian mengetahuinya bukan? Di dalam Paulus, Roh Tuhan terpancar luar biasa. Inilah yang diinginkan Tuhan dari kita juga :D did you release that?

Let think, balik lagi ke statement kami yang barusan, apakah yang sebenarnya Tuhan Yesus inginkan dari kita?

We will tell you the TRUTH, Tuhan Yesus tidak pernah menghendaki kita hanya sebatas memiliki status “Kristen”. Yang Tuhan Yesus MAU adalah : kita hidup di dalam Dia dan Dia di dalam kita (check it on your bible -> Yohanes 15:1-8) inilah konsep kekristenan. Ini juga yang dimaksud dengan kepenuhan Tuhan Yesus. Maksudnya adalah, Hidup di dalam Kristus. Sudahkah kalian hidup di dalam Kristus??

Hidup di dalam Kristus >> menyerahkan hidup kita sepenuhnya HANYA untuk menyenangkan HATI TUHAN YESUS.
Once again, let us ask.. “sudahkah kalian menyerahkan hidup kalian sepenuhnya hanya untuk menyenangkan hati Tuhan Yesus?”

Nahlo.. hehe terkadang gampang banget nih ngejugde orang lain, “ah dia mah cuma Kristen KTP aja, tapi hidupnya diluar Kristus” :D benarkah kalian sudah dapat benar-benar membedakan mana yang hidup di dalam Kristus dan mana yang diluar Kristus? Langsung aja yuk, see the point…

Ciri-ciri orang yang hidup di dalam Kristus :

a)     Kolose 2:6-7 “6 Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. 7 Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.”

KEDEWASAAN ROHANI, inilah ciri pertama orang-orang yang hidup di dalam Kristus. Seperti apakah kedewasaan rohani itu? Untuk lebih rincinya, begini nih masbro/mba sist :

Ditemukan 4 kata “HENDAKLAH” pada Kolose 2:6-7, inilah clue-nya :D
1.     hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia = SETIA PADA TUHAN YESUS. Apapun yang terjadi, pertahankan iman pada Yesus Kristus. Tidak menjual Yesus seperti Yudas. Menjual dalam banyak arti tentunya… berani berkata “tidak” untuk menolak tawaran dan kesempatan apapun yang beresiko mendukakan hati Tuhan. Seperti, berpacaran atau bahkan memutuskan untuk menikah dengan yang tidak seiman hanya karna mengejar kekayaan, kepopuleran, dan kepentingan pribadi semata yang membuat Tuhan SEDIH melihatnya, segala hal duniawi. Dugem, narkoba, berkata-kata kasar, atau bahkan sibuk sendiri sampai-sampai tidak meluangkan waktu untuk BERDOA! Stop it NOW. Guys, Jesus is always waiting for you. Really.

2.     Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu,  = berakar ? mengapa akar? Did you know, letak kekuatan pohon ada pada akarnya. Apabila akar itu tertanam kuat samapai kedalam tanah dan merupakan akar yang kuat, maka pohon tidah mudah goyah, bahkan saat diterpa angin dan hujan. Seperti itulah kita, apabila kita KUAT bertumbuh di dalam Yesus, masalah apapun, entah itu masalah sepele, masalah berat, masalah keluarga, pacar, apapun itu, ngga ngefek deh bisa ngebuat kita galau lama-lama. Sukacita dan damai sejahtera dari Yesus Kristus selalu dihati kita :D

“dibangun” -> kalian pastinya tau, sebelum dibagunnya sebuah rumah atau bahkan gedung pencakar langit, dibutuhkan sebuah foundation atau dasar. Dasar ini yang menentukan kekokohan bangunan, menjamin bagunan menjadi kuat secara keseluruhan. Sekalipun tiang-tiang bangunan terbuat dari beton, apabila dasar bangunan itu tidak kokoh, bangunan tersebut akan mudah roboh. Begitu jugalah kita.

Bila kita tidak mendasari hidup ini dengan Yesus Kristus, maka hidup kita adalah hidup yang sia-sia. Bukan hidup rohani kita yang dilihat orang-orang (Seperti rajin ke gereja atau bahkan pelayanan) tetapi hidup yang dibangun atas dasar Yesus Kristus. Kita DISELAMATKAN untuk melayani, BUKAN melayani untuk diselamatkan.

Melayani bukan hanya hari minggu, hari sabtu, atau hari tertentu di gereja yang hanya 3-4 jam, atau yaa..setengah hari, tapi 24 jam dan setiap hari kita melakukan pelayanan. Setiap menit bahkan detiknya merupakan pelayanan kita terhadap Bapa. Apakah tingkah laku, pola pikir, tutur kata, sikap, karakter, hubungan dengan sesama manusia lainnya, semuanya itu menyenangkan hati Tuhan ataukah tidak. Inilah pelayanan yang sesungguhnya.

3.     dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur = mengucap syukur dalam segala situasi. Tidak bersungut-sungut, selalu berterima kasih kepada Tuhan Yesus atas apapun. Bahkan saat berada dalam kesesakan, berterima kasihlah pada Tuhan. Pecayalah bahwa rancangannya adalah rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan. Tuhan tidak merancangkan yang hal buruk untuk anak-anaknya. Apabila kita mengalami masalah yang tak kunjung terselesaikan, jangalan khawatir, serahkan semuanya itu pada Tuhan karena Dia yang memelihara. Inilah janji Tuhan. Tuhan tidak pernah menjanjikan kita hidup tanpa masalah tapi Dia berjanji untuk selalu menyertai kita. Tiada hal lebih berharga dari pada ini. Karena itu, untuk segala situasi berterima kasihlah padaNya yang telah sangat menyayangimu. Dia rela mati untuk menghapus dosa-dosa kita, mati di kayu salib. Kawan, TUHAN YESUS TIDAK PERNAH MENGINGKARI JANJI-NYA, DIA TUHAN KITA YANG SETIA :D

b)     ciri kedua terlihat jelas pada Kolose 2:8 8 Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.”

Ya, orang-orang yang hidup di dalam Kristus tidak lagi terikat pada filsafat-filsafat palsu, ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia. Filsafat palsu seperti horoskop, feng shui, shio, ramalan-ramalan dan bukan nubuatan berdasarkan FIRMAN TUHAN (Alkitab) tidak layak lagi mempengaruhi hidup kita guys. Bahkan adat istiadat yang bertentangan dengan FIRMAN TUHAN sekalipun, tidak layak untuk kita percayai. Mitos, tradisi, segala apapun yang DI LUAR PENGAJARAN TUHAN YESUS.

Jadi, ciri kedua adalah TIDAK LAGI TERPENGARUH OLEH PRINSIP-PRINSIP HIDUP DUNIA.

c)     Ciri ketiga dapat dilihat jelas pada -> kolose 2:11,12,13 “11 Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa, 12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati. 13 Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita,”

“penanggalan tubuh yang berdosa,” berarti -> HIDUP DALAM PERTOBATAN. Tidak lagi hidup dalam kendali dosa. Apakah kalian masih dalam kendali dosa? Iri hati, khawatir, pemarah, 3 hal yang terlihat “manusiawi” alias “biasa saja” bagi orang duniawi, murapak bentuk dosa loh. Iri hati adalah bentuk protes terselubung terhadap rencana Tuhan. Khawarit adalah penyangkalan akan janji Tuhan yang selalu memelihara kita. Bagaimana dengan marah? Apakah marah sebuah tindakan yang membuat hati Tuhan sedih? Marah yang tidak menyakiti hati orang lain, dan tidak lose control, melainkan membangun orang lain agar dapat menjadi lebih baik, itu bukanlah sebuah tindakan dosa. Ingat : pengendalian diri adalah salah satu buah Roh loh. Hidup dengan Roh Tuhan, artinya, Hidup tidak lagi menjadi hamba DOSA.

So, 3 points we learn today :D

Ciri-ciri orang yang hidup  sepenuhnya di dalam Kristus dan Kristus ada didalamnya, antara lain :

a) KEDEWASAAN ROHANI
b) TIDAK LAGI TERPENGARUH OLEH PRINSIP-PRINSIP HIDUP DUNIA
c) HIDUP DALAM PERTOBATAN

remember, tiga hal ini tidak dapat kita lakukan sendirian. Kita perlu MENGUNDANG Yesus hadir dalam hati kita terlebih dahulu. Seniat apapun manusia mengusahakannya, itu sia-sia tanpa penyertaan Tuhan Yesus :D Jesus Bless YOU, all.. Tuhan Yesus menunggu kalian untuk mengundangnya, Dia bukan Tuhan yang tidak sopan dan pemaksa, yang seenaknya masuk kedalam hati kalian. Tuhan Yesus menunggu untuk diundang masuk kedalam hati tiap-tiap kita… dan apabila Tuhan Yesus sudah hadir dihati kalian, dijamin, HIDUP KALIAN BUKAN HIDUP YANG BIASA-BIASA SAJA. Hidup kalian akan mengalami perubahan total yang bahkan melampaui apa yang bisa kalian bayangkan. Jadi tunggu apa lagi? TIME IS RUNNING OUT, NOBODY KNOWS WHEN JESUS WILL COME. Kita generasi pilihan TUHAN loh, jangan sia-siakan sisa hidup kita di dunia ini, kita kan cuma sementara di bumi karna kita adalah warga kerajaan SURGA! kita akan berada di kekekalan bersama-sama dengan-NYA:D

nantikan postingan berikutnya yaa! Jangan lupa, come and join us, EVERY SATURDAY, 17.00WIB  at KAPEL TIBERIAS CINERE, Jesus bless you, all! :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar